Rabu, 02 September 2015

Apa Saja Jenis-Jenis Tenda?

Apa itu tenda? tenda sangat dekat sekali hubungannya dengan kata kemah. Kenapa? karena tenda adalah tiruan rumah dalam bentuk yang kecil yang bisa dibawa kemana-mana yang melindungi kita dari hujan, angin yang dingin, panas teriknya matahari saat kita beristirahat ketika kita melakukan aktifitas diluar ruangan (outdoor). Tenda ini terbuat dari kain yang tahan terhadap air hujan, tahan lama, bisa melar dalam artian tidak kaku dan tidak terlalu tipis dan bisa digunakan oleh 1 sampai 5 orang lebih secara bersamaan. Semakin besar ukuran tenda, semakin banyak pula tenda tersebut bisa menampung orang secara bersamaan. 
Tenda biasanya memiliki 2 lapisan yaitu lapisan dalam terbuat dari kain yang breathable dan non-waterproof dan lapisan luar yang disebut flysheet yang waterproof. Hal ini bertujuan untuk mengatasi faktor kondensasi yang dihasilkan oleh tubuh dan beberapa aktifitas yang dilakukan di dalam tenda. Kondensasi terjadi karena hawa panas yang dihasilkan oleh tubuh, jadi untuk mengatasi hal tersebut diperlukan dinding dalam tenda yang terbuat dari bahan yang non-waterproof agar hawa panas bisa keluar.  

Jenis-jenis tenda :


1. Tenda Dome
Tenda ini berbentuk bulatan/dome, yang merupakan jenis tenda yang paling banyak diminati karena ukurannya tidak terlalu besar dan mudah dibawa kemana-mana. Tenda ini terbuat dari bahan parasut nylon dan fiber frame sebagai tiang penyangganya. Tenda ini biasanya dilengkapi dengan lapisan luar yang tentunya waterproof. Cara pemasangan tenda ini pun sangat mudah yaitu cukup menyambungkan frame tersebut satu per satu seperti tiang namun bisa dibengkokkan. Setelah itu, masukan frame tersebut ke dalam slot yang sudah ada pada tenda, setelah 2 frame dimasukkan, maka ke 4 sisi harus diletakkan pada sisi ke 4 dari alas.

2. Tenda Flysheet
Tenda ini terdiri dari flysheet yang dibentangkan tanpa dinding samping/pembatas, biasanya tenda ini hanya digunakan untuk tenda pendukung seperti kegiatan memasak, makan, rapat dan tidak digunakan untuk beristirahat. Namun flysheet juga digunakan sebagai backup tenda dome agar lebih kokoh.

3. Tenda Pohon
Sesuai dengan namanya, tenda ini didirikan dengan pohon sebagai medianya. Cara pemasangannya pun unik yaitu dipasang berpatokan dengan pohon. Tentunya untuk mendirikan tenda ini harus mencari pohon yang kokoh dan kuat.

4. Tenda Pramuka
Tenda ini memang didirikan untuk melakukan kegiatan aktifitas pramuka karena memiliki ukuran yang luas dan mampu menampung banyak orang serta kuat, akan tetapi kelemahan tenda ini adalah proses pembuatannya yang tidak mudah dan membutuhkan lebih dari 1 orang untuk mendirikannya. Hal ini berbeda dengan jenis tenda dome yang bisa didirikan oleh 1 orang saja. 
Tenda pramuka jika dibuat dengan ukuran yang lebih besar sering disebut dengan tenda pleton karena mampu menampung 1 pleton atau 30 orang sekaligus.

5. Tenda Bivak
Bivak merupakan sistem membuat tenda yang sangat sederhana yang biasanya menggunakan bahan seperti jas ujan, dalam proses pembuatannya lumayan mudah namun dalam mendirikan tenda ini diperlukan paling tidak 4 patok untuk menyokong tenda ini. Setelah ada 4 patok, bentangkan tenda dari patok ke patok sehingga bisa dimanfaatkan untuk melindungi bagian bawahnya. Selain bahan jenis jas hujan, juga bisa digunakan menggunakan daun pisang, papah janur pohon kelapa, ataupun yang lainnya.

"Bali TentHood, Sewa tenda kemah dan peralatan kemah di Bali"

1 komentar:

  1. Thanks for sharing.. Butuh bahan tenda berkualitas dengan harga murah.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    BalasHapus